0
Rahasia Di Balik Strategi Tiki Taka Barcelonaby Toko Sprei Bolaon.Rahasia Di Balik Strategi Tiki Taka BarcelonaGola Store – Peran pelatih dalam sepak bola tidak dapat diremehkan keberadaannya. Pep Guardiola contohnya, dia adalah pelatih yang sukses membawa Barcelona menjuarai 13 trofi dari total 16 turnamen. Jelas sebuah pencapaian fantastis. Sebelum dilatih Pep, Barca memiliki pelatih yang tak kalah hebatnya, namun dengan strategi yang biasa-biasa saja dan mengandalkan permainan individu, Barca yang […]

Gola Store – Peran pelatih dalam sepak bola tidak dapat diremehkan keberadaannya. Pep Guardiola contohnya, dia adalah pelatih yang sukses membawa Barcelona menjuarai 13 trofi dari total 16 turnamen. Jelas sebuah pencapaian fantastis. Sebelum dilatih Pep, Barca memiliki pelatih yang tak kalah hebatnya, namun dengan strategi yang biasa-biasa saja dan mengandalkan permainan individu, Barca yang dulu tak sehebat Barca ketika dilatih Pep Guardiola.

Kini era Pep Guardiola telah usai di Barca, dan rahasia mengenai strategi tiki taka barcelona mulai terkuak ke media. Mungkin ini jawaban dari jajaran pengurus Barca bahwa tak ada strategi yang tak bisa dikalahkan, dengan demikan aksi Pep di Bayern sekarang tak bisa seleluasa seperti saat di Barca. Inilah rahasia strategi tiki taka yang berhasil dikuak oleh tim redaksi.

1. Pressing sesaat setelah kehilangan bola.

Melakukan pressing sesaat setelah bola mereka berhasil direbut oleh tim lawan. Umumnya pemain yang berhasil merebut bola dari lawan dengan cara tackle atau interception akan kehilangan fokus padangan beberapa detik dan kemudian mengumpan atau melakukan counter attack ke daerah pertahanan Barca. Celah inilah yang dimanfaatkan pemain Barca untuk segera merebut bola sebelum fokus pandangan/visi bermain dari pemain yang merebut bola tadi kembali dan mengoper bola ke posisi rekannya yang lebih menguntungkan. Hal inilah yang mendasari kenapa pemain lawan selalu kalah ball possession.

2. Strategi 5 detik bertahan.

Terkadang Barca belum mendapatkan bola setelah 5 detik ketika ditekan. Hal yang dilakukan pemain Barca biasanya bertahan selama 5 detik dengan membentuk sebuah benteng pertahanan. Jarak antara penyerang dan pemain bertahan terakhir sekitar 25-30 meter. Jarak inilah yang membuat tim lawan kesusahan mengembangkan permainan karena ruang kreasi yang terbatas.

Pep-Rahasia-Dibalik-Strategi-Tiki-Taka-Barcelona

Pep-Rahasia-Dibalik-Strategi-Tiki-Taka-Barcelona

Cruijff pernah bertanya kepada mantan pelatih timnas Inggris (sekarang pelatih FC Twente), Steve McClaren,

 “Do you know how Barcelona win the ball back so quickly? It’s because they don’t have to run back more than 10 metres as they never pass the ball more than 10 metres.” – Cruijff

4. Aturan 3-1 defender.

Ketika gawang Barca diserang lawan, Barca akan memaikan sepakbola ala Italia. Dimana 1 dari defender Barca akan maju, menempel, dan terus melakukan pressing ke pemain yang membawa bola. Tiga pemain sisanya akan ada pada posisi siaga untuk melakukan intersep pada jarak jarak 2-3 meter dengan defender yang melakukan pressing tadi. Hal Ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus memberikan double protection pada lini belakang Barcelona.

5. Bermain sabar dan simpel

Mayoritas tim yang dihadapi Barca ketika melakukan serangan sesaat setelah mendapatkan bola adalah dengan melakukan counter attack cepat. Hal inilah yang dihindari oleh pemain Barca. Setelah memenangkan bola, mereka jarang melakukan tusukan langsung. Mendapatkan bola sudah merupakan pencapaian yang bagus dari pemain. Pemain cukup bermain simple dan mengoper ke rekan yang posisinya menguntungkan.

Seperti pada point 1, pemain yang sudah memenangkan bola biasanya akan kehilangan fokus bermain dan membutuhkan beberapa detik untuk dapat focus kembali. Bisa dibilang dia pemain terburuk yang jika harus melakukan counter-attack secara langsung. Ini berarti gaya main Barcelona tidak bergantung pada elemen kejutan ala Liga Inggris. Pemain Barca akan melakukan tiki-taka nya untuk kembali ke pos masing-masing dan melakukan serangan dari sana. Lawan bisa jadi tahu apa yang akan dilakukan Barca, tapi mereka tidak tahu bagaimana menghentikannya. Pengecualian ketika Barcelona dekat dengan kotak penalti lawan, mereka akan segera menusuk atau membiarkan messi melakukan sihirnya.

Related Posts

Leave a Reply